Sejarah

SEJARAH DESA

  1. Asal-usul/Legenda Desa

Secara umum di Desa Cibanten tidak bisa menunjukan situs atau cagar budaya yang dilindungi secara resmi baik oleh pemerintah setempat maupun pemerintah yang lebih atas. Namun demikian bukan berarti bahwa di Desa Cibanten tidak ada sejarah kehidupan masa lampau  sama sekali. Akan tetapi bukti-bukti fisik yang bisa diperlihatkan kepada generasi muda tidak ada. Sementara itu daerah ini tidak termasuk daerah yang pernah dijajah pusat kerajaan masa lampau.

Adapun menurut cerita dari mulut ke mulut ada legenda yang mengarah pada sejarah terbentuknya asal mula adanya daerah Desa Cibanten. Hanya saja para penyampai pesan cerita itu tidak bisa menunjukan bukti fisik yang mendukung kekuatan cerita tersebut. Baik dalam bentuk artepak-artepak, prasasti, perkakas kuno, tugu batu, maupun bangunan-bangunan kuno.

Menurut cerita dari mulut ke mulut yang sampai kepada generasi sekarang ada tempat bersejarah yang melegenda di kalangan tokoh masyarakat Desa Cibanten yaitu Mata Air Cisiuk.

Mata air Cisiuk yang terletak di Dusun Cibanten Desa Cibanten diyakini sebagai mata air yang memiliki sejarah yang berhubungan dengan cikal bakal berdirinya sebuah daerah baru yang akhirnya diberi nama Cibanten.

Nama Cibanten diambil dari nama daerah yaitu “Banten” sebuah daerah yang terkenal dengan ilmu kanuragan dan kesaktiannya, yang sekarang dijadikan nama sebuah Provinsi pemekaran dari Jawa Barat. Ceritanya ada seorang “kolot” yang biasanya dipanggil “Embah” atau “Sembah” bernama Nagabali datang dari daerah Banten dengan membawa air “sasiuk” atau segayung. Lalu air tersebut disimpan di suatu tempat yang kemudian menjelma menjadi mata air. Daerah tersebut hingga kini disebut Cisiuk. Ditempat ini masih terdapat mata air yang keadaannya tidak terlalu besar, akan tetapi tidak pernah kering. Karena air itu dibawa dari daerah banten maka terbentuklah nama CIBANTEN.